Salah Satu Kegiatan Di Rumah Aja Yang Bermanfaat, Yuk Blogging!

By widia kusuma dewi - August 08, 2021

Selama pandemi Covid-19, kegiatan di luar rumah sangat terbatas ya. Berawal dari diterapkannya PSBB, PPKM, himbauan untuk di rumah aja, dan masih banyak lagi. Sebenarnya himbauan tersebut sangat bagus untuk mengurangi paparan virus. Tapi pastinya banyak orang akhirnya merasa bosan dan tidak betah karena saking lamanya untuk diam di rumah. Mungkin udah terbiasa beraktifitas lebih banyak dengan teman-teman, kolega, dan yang lainnya. Tapi tenang aja yaa, tidak selamanya akan membosankan kok kalau bisa sambil mengerjakan aktifitas yang bermanfaat. Kamu bisa menyelipkan aktifitas menulis (bagi yang suka dan mau memulai) blog salah satunya. Aku sendiri mulai menulis blog sekitar tahun 2018. Dan itupun karena iseng hehe. Ternyata banyak banget loh manfaat dari menulis blog yang aku rasakan. Kira-kira apa saja ya? 


Sebelum menulis, perlu diingat …..

Okay, sebelum kamu memutuskan untuk menulis blog tentukan tujuan dari menulis blog. Kamu inginnya artikel blog kamu untuk cuitan pribadikah, atau untuk memberi informasi kepada orang lain. Bahkan kamu mau membuat suatu bisnis di dalam artikel blogmu? Why not! Selama untuk hal yang baik dan positif maka kamu bisa bebas menuangkan ide-ide pikiranmu.

Selanjutnya adalah menentukan tema blog yang akan kamu buat. Supaya nantinya saat membuka laptop, sudah connect ke internet, lalu bingung mau ngapain akhirnya ngga jadi deh nulisnya hehe.. Misalnya kamu mau menulis tentang aktifitasmu selama di rumah, aktifitas mengikuti sekolah/kuliah/kerja online, bisa juga menulis review suatu produk. Seperti aku yang suka review produk kecantikan dan menjadikan menulis blog adalah pekerjaan kedua dan sekaligus sebagai refreshing setelah pekerjaan kantor.

Untuk kamu ketahui menulis itu butuh mood yang baik maka ide-ide tulisan yang akan kamu tuang akan muncul. Jadi setelah menentukan tema menulis blog, kamu perlu memotivasi diri sendiri. Buatlah suasana yang nyaman, suasana hati yang menyenangkan dan kalau kamu butuh teman menulis kamu bisa menyediakan minuman kesukaanmu misalnya ice coffee atau teh susu favoritemu. Kalau aku sih pastinya ditemenin sama the poci cappuccino.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak artikel yang serupa dengan tema blog kamu, tidak ada salahnya untuk melihat-lihat artikel blog yang sudah ada loh. Bukannya untuk plagiat, tapi pada suatu artikel pastinya bisa dikembangkan sesuai dengan pikiran kita. Jadi menulis tidak akan membuat pikiran buntu dan kita juga bisa saling melengkapi kekurangan informasinya. Tidak semua orang bisa membuat artikel dengan informasi yang sempurna.

Manfaat yang didapat jika menulis blog…




1.     Memberi informasi kepada orang lain

Di jaman yang serba online seperti sekarang, tentunya kita sebagai masyarakat awam akan pasti akan mencari informasi pada sebuah artikel di internet. Bahkan penggunaan Koran sudah jarang dan digantikan dengan penggunaan handphone. Di saat seperti inilah kesempatan bagi penulis online untuk membuat artikel yang bermanfaat untuk orang lain. Eitss,, ingat yaa bijaklah menulis. Jangan membuat tulisan yang melebihi kenyataan atau mengurangi ketajaman suatu informasi.

2.    Sebagai dokumentasi

Dokumentasi itu sendiri dapat berupa tulisan dan gambar/foto. Pada artikel yang kita buat kita bisa tambahkan foto-foto hasil jepretan sendiri. Dibarengi dengan keterangannya. Beberapa blog yang aku baca tentang fashion maupun travel, mereka hanya mengupload foto untuk artikelnya. Dari sana diharapkan pembaca menyukai hasil karya seseorang dan mungkin bisa sebagai inspirasi.

3.   Sebagai tempat menuangkan ide dan kreatifitas

Pastinya ada ide-ide dan isi fikiran yang tidak dapat dituangkan dengan kata-kata. Maka untuk membuat ide itu keluar maka kita bisa menuangkan dalam tulisan. Seiring kita menulis pasti aka nada kreatifitas baru yang muncul. Dari sana kita bisa membuat sesuatu yang baru dan tentunya banyak orang yang ingin mengaplikasikannya.

4.    Sebagai sarana untuk menghasilkan pendapatan

Nah, untuk poin ini kamu yang sudah berfikir untuk memperoleh pendapatan sampingan maupun pendapatan tetap melalui blog harus konsisten dengan pekerjaanmu. Banyak blogger yang sudah membuktikan hasil tulisannya dapat menghasilkan uang. Misalnya hasil review produk, memasarkan produk, dan menjual artikel. Para produsen tentunya tidak ingin ribet dalam memasarkan suatu produk kan. Jadi orang-orang yang ingin bekerja direkrut untuk membuat artikel produknya agar dikenal oleh masyarakat luas. Banyak kok situs-situs yang menyediakan jasa freelance. Search di Google ya..

5.    Menambah relasi dan pertemanan

Siapa bilang kalau kita hanya menulis blog menjadi pribadi introvert? Salah banget ya .. Justru dengan blogging kita lebih mudah memiliki banyak teman dari manapun. Karena sekarang sudah banyak banget komunitas blogging. Kalau kamu aktif menulis kamu juga akan ditawarkan masuk ke anggota grup blog yang sedang hits loh. Disana kesempatan besar untuk sharing dan berbagi pengalaman sepanjang menulis. Seperti aku yang mengikuti komunitas Bali Beauty Blogger. Disana para anggotanya sering banget sharing tentang tren kecantikan, produk baru yang akhirnya menjadi racun para wanita, dan sharing tentang blogging. Pokoknya seru banget dan mendapat ilmu baru.

Jadi makin tertarik ga sih untuk menulis blog? Gimana sih memulai membuat blog?

Nah, pertanyaan itu sering muncul. Kamu hanya perlu memiliki email aktif (disarankan menggunakan gmail). Lalu kamu bisa langsung daftar di situs blog seperti Blogger, WordPress, atau mungkin kamu tahu situs lainnya. Untuk kedua platform tadi itu gratis ya. Kalau mau berbayar kamu bisa daftarkan domain blog kamu di layanan hosting, misalnya Dewa Web, Niaga Hosting, Rumah Web, dan masih banyak lagi.

Tipsnya, buatlah blog kalian yang tidak terlalu mencolok dalam segi warna, aplikasi yang akan kalian taruh di dalam blog, dan dalam penamaan blog. Sebisa mungkin kamu membuat blog yang menarik, sesuai  dengan diri sendiri dan orang lain akan mengingat blog kamu sebagai blog yang friendly. Lalu agar lebih dikenal masyarakat kamu sering-sering update blog dengan artikel yang sedang trend saat ini. Kamu juga bisa gunakan keyword yang mudah dicari orang lain dan masuk dalam daftar pencarian Google.

 



Untuk kamu yang pengen mengembangkan kreatifitasmu dalam menulis blog, aku punya kabar baik nih. Aku mau ajak kamu untuk mengikuti kontes blog Shopee yang bertema #NgeBlogDari Rumah.

Kontes blog Shopee ini terdiri dari dua babak, yaitu :

-      Babak pendaftaran : 2 Agustus – 3 September 2021

-      Babak penulisan : 10 – 24 September 2021

Pemenang akan diumumkan pada 4 Oktober 2021 melalui artikel di Inspirasi Shopee.

Yuk segera daftarkan dirimu sebelum masa pendaftaran berakhir! Kalau kamu lolos ke babak penulisan, Shopee akan memilih tiga artikel terbaik dengan hadiah sebagai berikut :

Juara 1 : Rp 8.000.000

Juara 2 : Rp 6.000.000

Juara 3 : Rp 3.500.000

Tidak hanya tiga pemenang terbaik, lho! Ada juga hadiah untuk peserta dengan kategori  :

Best Engagement (komentar dan share terbanyak) : Rp 2.500.000

200 submission pertama : ShopeePay @50.000

Tertarik? Yuk, isi formulir pendaftarannya di https://forms.gle/ST3XU267tfDMQUjD9

Jadi, sekarang kebayang kan apa manfaat dari menulis blog sebagai salah satu kegiatan yang bermanfaat selama di rumah aja. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang. Yuk buruan join blog contestnya dan good luck ya.. Jangan lupa komen di bawah kalau kamu juga ikutan ..

See you on my next post..

Happy blogging !!

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Suka banget ama artikel nya kak bikin termotivasi untuk jadi blogger aktif 😍

    ReplyDelete
  2. Menulis itu therapy buat yang suka overthinking kayak aku kak kalau uda bengong pikirannya travelling ga jelas

    ReplyDelete
  3. sama kayak aku berawal dari iseng malah sekarang jadi hobby tersendiri ya kak

    ReplyDelete
  4. Setuju banget kak, blogging cara mengurangi stress. Karena menulis harus fokus😊 thanks for sharing kak

    ReplyDelete
  5. Thankyouuu sharingnya beb, bener bener ngebantu aku buat aktif nulis lagi

    ReplyDelete
  6. Akutuuu pengen balik rajin up di blog lagiii, tp laptop ngadatt banget keburu kesel nunggu loading huhu, pen banting tp sayang duit wkwk

    ReplyDelete

Hai,, komentar yang masuk tidak di filter kok. Harap komentar tanpa menyinggung SARA ya. komentar promosi akan dihapus. thanksss