Ngopi Cantik #3 Celebrating Beautiesquad Community First Anniversary

By widia kusuma dewi - November 27, 2017

Wahh,,, sudah minggu terakhir di bulan November nih. Gimana resolusi kalian?? Sebagai blogger pemula aku ingin passionku di dunia ini terus berkembang dan semakin dikenal. Bukan sok artis atau apalah. Karena dengan dikenal aku bisa dengan baik memberi informasi baru kepada pembaca semua. Berhubung cita-citaku yang sangat mulia ini aku putuskan untuk mengikuti komunitas blogging khususnya komunitas beauty blogger. Kalian pernah dengar komunitas yang lagi naik daun sekarang?? Yupss, dia adalah Beautiesquad ! Komunitas ini terdiri dari cewek-cewek yang memiliki skill blogging yang udah ga bisa diragukan lagi. Bukan hanya blogging ya tapi mereka mengembangkan diri kepada vlogging. Tentunya ngga jauh-jauh dari perbiutian. 

Jadi beberapa minggu yang lalu aku dan teman-teman beauty blogger ikut forum yang diadakan oleh komunitas Beautiesquad. Namanya Ngopi Cantik tapi bukan di warung kopi atau di cafe pada umumnya. Tapi melalui aplikasi Whatsapp. Nah, sebelumnya aku udah share Ngopi Cantik yang ke dua. Dalam rangka spesial Beautiesquad First Anniversary , maka spesial juga topik bahasan kita kali ini yaitu Beautiesquad 101.


HAPPY BIRTHDAY BEAUTIESQUAD

HAPPY 1st ANNIVERSARY !


Seperti biasa pada Ngopi Cantik Beautiesquad kali ini menghadirkan pembicara yang tidak diragukan lagi memperjuangkan komunitas ke arah yang lebih baik. Siapa lagi kalau bukan Kak Vina Eska.. Yeaaayyy!! Spesial banget dari Public Relation Beautiesquad. Udah pada penasaran kan apa aja yang jadi perbincangan kita di forum? 

Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki tujuan menyatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama. Didirikan pada November tahun lalu. Terbentuknya komunitas ini tidak lepas dari founder utama Kak Virly beserta 2 founder lainnya, yaitu Nisa dan Liana ingin membuat sebuah group chat untuk beauty blogger. Awalnya didirikan dengan nama "Beauties" saja, namun berganti menjadi "Beautiesquad". Pemilihan nama ini beauty blogger lebih dari 1 orang, jadi diberi nama “Beauties” dan untuk menguatkan ini adalah komunitas, ditambahkan “Squad”. Lalu 2 kata itu digabungkan menjadi “Beautiesquad”.

Sebagai hari jadi tanggal 23 November 2016 merupakan hari dimana kolaborasi makeup pertama Beautiesquad dengan tema Smoky Eyes. Di hari itu juga, ditetapkan sebagai hari dimana komunitas ini didirikan. Pada masa awal terbentuknya, BS (singkatan Beautiesquad) menerima semua orang. Yang tidak punya blog, yang cuma mau chat aja, yang maunya mencari teman sejawat, dan lainnya. Di awal 2017, terbentuklah kepengurusan dan memutuskan bahwa semua member harus memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi Beautiesquad.

Yang paling menggemparkan dunia beauty blogger saat itu adalah kerja sama dengan brand besar yaitu Inez Cosmetic maka semakin ramai beauty blogger ingin bergabung dengan komunitas ini.

Visi Beautiesquad

Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia

Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi Beautiesquad

Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan

Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand

 Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan

Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).


Sistem Kepengurusan Beautisquad


Foundernya Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka. Main Founder of Beautiesquad adalah Virly KA. Tugas founder disini adalah mengambil keputusan cepat dan tegas demi kelancaran visi dan misi Beautisquad.  Selain itu memantau officers melakukan tugas sesuai ketentuan.

Untuk membantu Founder dalam mengemban tugas sesuai musyarawah kemarin, Beautiesquad memiliki Chief Officer baru yang jabatannya diisi oleh Vina Eska dimana tugasnya adalah melaksanakan visi dan misi yang sudah dibentuk oleh founder dan melaksanakan keputusan yang dibuat. Juga turut membantu founder dalam memantau progress kerja officers. Selain itu juga turut memantau, membantu, dan memberikan para member semangat dalam menjalani dunia blogger.


Community Relations (CR) yang dulu bernama Public Relations adalah Lia Melqha (Lia), sebagai pengganti Vina dalam jabatan supervisor. Fuji Astyani (Fuji) sebagai sekretaris dan SEO Analysis. Officers yang bertanggungjawab dalam divisi CR ada 3 orang: Liana Eka (Liana), Ariani Rosidi (Aya), dan Rahma Brilianita (Rahma). Tugas mereka selain menjembatani BS dengan brand, juga menjembatani para member dengan BS dan brand. Melakukan proker bulanan seperti collab, ngopi cantik, dan proker lainnya yang akan berjalan nantinya. Dan PR lah yang membantu Chief Officer dan founder memutuskan anak – anak Facebook group yang sudah lolos kriteria member BS inti Whatsapp.

Lalu ada Social Media Squad (SM) yang dulu bernama Admin. Supervisor masih sama, yaitu Rani Lukman (Rani) dengan officers yang bertugas ada Devi Purwati (Devi), Khrairunnisa (Ica), dan Savitri Hutapea (Savitri). Tugas mereka memberikan informasi pada member melalui media sosial BS dan menjaga image BS di dunia maya. Walau kesannya gampang, menjadi SM Squad itu ternyata susah loh. Mereka harus memikirkan feed, caption, dan memantau insight. 

Dan terakhir, Photo Editor Squad (PE) yang selalu main dibelakang layar. Supervisor nya adalah Raydita (Ray) dengan officers yang bertugas adalah Annisa Pertiwi (Nisa) dan Laudita Cahyanti (Lauchie). Tugas mereka adalah membuat design dari design collab sampai design feed. 


Karena Beautiesquad adalah group blogger, untuk menjadi blogger yang baik, kami memutuskan untuk memiliki SEO Analysis. Fungsi adanya SEO Analysis adalah membantu kita mengetahui apakah blog member sudah sesuai kriteria SEO,baik dari template, penulisan, dan widget pendukunganya. Nah gimana caranya bergabung dengan Komunitas Beautisquad di Whatsapp?

Syarat Bergabung di Beautisquad

Syarat untuk masuk dalam grup inti Beautisquad pada dasarnya adalah aktif dan rajin mengikuti kolaborasi dan blogging. Tetapi ada syarat lainnya yang masuk kriteria terutama dalam penulisan blog yaitu :

Pertama, mempunyai blog. Blog nya harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Tata cara menulis pun sesuai SEO dan enak dibaca, mulai jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca. 
Kedua, blog harus Top Level Domain (TLD). Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored. Apa itu TLD? Yang belakangnya gak ada embel – embel blogspot.com, atau wordpress.com, atau wix.com (?). Hanya .com, .net, .id, atau yang lainnya. 
Ketiga, minimal menulis tentang beauty 2x dalam sebulan di blog. 
Keempat, Disiplin dan memiliki attitude. Disiplin terhadap waktu pengumpulan foto collab atau link sponsor contohnya. Tidak melakukan plagiarisme.
Kelima, memiliki Fanpage Facebook dan Twitter selain Instagram. Untuk Instagram, BS menentukan standar yaitu 500 follower. Twitter paling gak 100 follower. 
Keenam, Aktif. Aktif terlihat di group, aktif dalam sesi sharing. Intinya aktif berkontribusi.
Ketujuh, Rajin Ikut Collab. Dari sana cara kalian blogging, mempresentasikan sesuatu, dan lainnya di notice.
Kedelapan, lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder. Kalau menurutmu kamu sudah mengikuti semua hal diatas, tapi kenapa gak dipilih? Bisa jadi ada satu spec yang kamu lewati. Mungkin kamu kurang berattitude, atau kamu suka telat, atau kamu nulisnya masih 4LaY, atau followernya beli. Everything is possible.



Gimana?? Semakin tertarik untuk bergabung dalam komunitas ini? Jangan khawatir yaa kalian bisa turut ikutan blog competition yang diadakan Beautisquad dan bekerjasama dengan Nihonmart. Nihomart adalah situs online terpercaya yang menjual skincare, makeup, bath and bodycare, dan yang lainnya.

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. mba, pengen ikut jadi member Beautiesquad. kalo lifestyle blogger bolah gak ya ? tapi aku sering tulis beauty juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa join dulu di facebook grupnya mba. Ada di link instagram Beautiesquad :)

      Delete
  2. Makasi udah nulis kakk~

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete

Hai,, komentar yang masuk tidak di filter kok. Harap komentar tanpa menyinggung SARA ya. komentar promosi akan dihapus. thanksss